Kamis, 28 Maret 2013

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Tugas
 
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI




DISUSUN OLEH :
SUYATI
A 401 11 078

                                     
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2013

1.      Pengertian E-mail dapat di tinjau dari kepanjangannya terlebih dahuklu.Email merupakan singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Di salah satu literatur komputer, bahkan mendapatkan istilah surel untuk surat elektronik sebagai bahasa terjemahan dari email (electronik mail). Hanya saja kebanyakan orang penggunaan istilah email jauh lebih nyaman ditelinga.Email atau electronic mail atau surat elektronik adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis seperti nomor telepon kita. Setiap orang bahkan bisa memiliki lebih dari satu alamat email sama seperti nomor HP yang satu orang bisa memiliki puluhan nomor.Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh tanda @. Bagian pertama merupakan user-id dan bagian kedua menunjukan penyedia layanan e-mail,misalnya kang.moes@yahoo.com, kang.moes merupakan user-id nya sedangakan gmail merupakan penyedia layanan e- mail. (cara membuat email di yahoo).
ü  Ada 2 jenis layanan e-mail, yaitu email web-based dannon web-based. Untuk dapat menggunakan e-mail yang web-based kita harus mendaftar terlebih dahulu melalui siitus yang disediakan, contohnya  gmail.com, mail.yahoo.com, dan lain-lain,sedangkan untuk yang non web based pendaftaran dilakukan melalui administrator penyedia layanan.
ü  Manfaat dan kegunaan email bagi tiap-tiap kita berbeda-beda atau relatif. Di era informasi ini akun email atau biasa kita sebut email, sangat penting bagi seorang netter. Jadi, jika Anda seorang calon netter yang baru saja mengenal Internet, email sangatlah dibutuhkan. Tanpa email seorang netter tak bisa berbuat apa-apa. Sesuai namanya email atau e-mail (elektronic mail) yang dalam bahasa indonesianya surat elektronik, email bisa kita gunakan untuk berkirim surat secara instan di internet. Tidak hanya itu, email memiliki beberapa manfaat dan kegunaan lainny
Berikut adalah manfaat dan kegunaan email:



ü Manfaat dan Kegunaan Email –> Perkembangan situs jejaring sosial.
ü Bagi kita yang sudah mengenal internet keberadaan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter tidaklah asing. Bahkan hampir semua yang mengenal internet ini memiliki akun jejaring sosial tersebut. Nah, untuk registrasi atau memiliki akun jejaring tersebut kita membutuhkan sebuah akun email sebagai syarat registrasi yang penting.
ü Manfaat dan Kegunaan Email –> Akses dunia pendidikan yang lebih luas.
Bagi para pelajar, ilmuwan atau siapa pun yang haus ilmu, mempunyai akun email membuat mereka mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan berbagai macam ilmu yang mereka butuhkan. Jurnal-jurnal, referensi ilmiah yang tersedia luas di dunia internet dapat dengan mudah bisa kita dapatkan. Nah, untuk mendapatkan semuanya itu, kita memerlukan akun email untuk proses registrasi atau berlangganan.
ü  Cara membuat email yaitu :
·         Pada browser bukalah YahooMail lalu pilihlah tombol ” sign up”.
·         Pada sebelah kanan atas, pilihlah bahasa yang digunakan, biasanya berpengaruh juga pada nama email. seperti yahoo indonesia :Yahoo u.s dengan Bahasa inggris:Pada dasarnya sama saja, hanya nanti konten bahasa yang berbeda.
·          Sekarang masukkan nama email Anda, dan tekan tombol “check” untuk melihat ketersediaan nama tersebut.
·         Apabila nama email tersedia, lanjutkan dengan mengisi password email yahoo Anda dan ulangi password Anda pada “Re-type Password” .
·          Apabila Anda mempunyai email lain, bisa mengisinya di pada poin 3, lalu isi juga pertanyaan apabila suatu saat kelupaan password.
·         Isilah kode verifikasi sesuai dengan gambar yang muncul, kode ini bersifat acak jadi tiap pendaftaran selalu berubah-ubah.
·          Centang kolom “Do you agree?” , sebagai tanda Anda setuju dengan persyaratan dari yahoo.
·         Terakhir klik tombol “Create My Account” untuk membuat account Anda.
·          Bila telah berhasil, maka Anda Akan Mendapatkan Ucapan Selamat dari Yahoo seperti dibawah.
·         Untuk masuk langsung ke email Anda, silahkan klik tombol “continue”
·          Pada Sebelah kanan, klik Tulisan “Mail”
2.      Pengertian facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
ü  Cara Membuat Facebook.
·         Cara Membuat facebook atau Daftar facebook Fb Khusus Bagi Anda para pemula yang mulai mengenal dunia internet. (siapa yang tidak kenal dengan Facebook? ) Adalah sebuah layanan jejaring sosial internet yang tersedia secara free sampai kapanpun, dengan jejaring sosial ini kita bisa membentuk jaringan pertemanan dengan mengundang teman kita sendiri atau mencari teman. Dan Bisa dibilang fasilitas pertemanan ini benar-benar paling lengkap dan Fenomenal untuk saat ini. Dan Berikutnya adalah langkah-langkah paling mudah bagaimana Cara Membuat facebook atau Daftar facebook Fb.
FB BARU

·        Langkah Daftar Facebook Indonesia

pertama yang harus di persiapkan adalah E-mail , karena alamat email ini untuk pendaftaran. Bila belum punya mail silahkan buat dulu, kalau belum bisa membuatnya silahkan lihat disini caranya ► Pandauan Cara Membuat Email Di Yahoo. ◄ dan disini ► Panduan Cara Membuat email Di Gmail.
1.      Pertama-tama silahkan masukkan alamat www.facebook.com. setelah anda memasukkan alamat tersebut maka akan muncul halaman awal facebook serta formulir pendaftaran seperti di bawah ini.

daftar fb

2.      Kemudian Isilah formulir pendaftaran dengan lengkap seperti contoh dibawah ini:

1. Nama Depan : Isi dengan nama depan Anda

2. Nama Belakang : Isi dengan nama belakang Anda

3. Email Anda : Masukkan Email Anda

4. Masukkan Ulang email : Masukkan Email Anda lagi

5. Kata Sandi Baru : Masukkan Sandi (Password) Anda,
Ingat Jangan Sama Dengan kata sandi Email Anda,
Masukan Password yg mudah Anda Ingat.

6. Saya seorang : Pilih Jenis Kelamin Anda ( Tinggal pilih )

7. Tanggal Lahir : Masukkan tanggal lahir Anda ( Tinggal Pilih )

3.       Setelah Anda selesai mengisi Formulir dengan Lengkap, sekarang anda tinggal klik kotak berwarna hijau yang bertuliskan "Mendaftar" maka akan muncul Jendela Baru untuk "Pemeriksaan Keamanan" seperti gambar berikut ini:
captcha
Lalu pada kotak yang saya lingkari itu masukanlah kedua kata yang ada, Pisahkan dengan spasi, bila anda tidak bisa membaca tulisan tersebut bisa diganti yang lebih mudah dibaca dengan cara mengklik ,“Coba Kata Yang Lain” karena bila anda salah memasukkan kata2 tersebut maka anda tidak bisa ke proses selanjutnya. ok kalau sudah, silahkan klik "Mendaftar". maka akan tampil jendela baru seperti ini:


pertama
Untuk proses Berikut ini kita lewati aja, karena bisa kita setting nanti kalau kita sudah berhasil membuat account di facebook. langsung aja klik "Lewati langkah ini"
4.      Cara Membuat facebook atau Daftar facebook Fb Ter Baru Gratis

kemudia akan muncul gambar seperti di bawah ini:
Langkah2 

Untuk proses Berikut ini kita lewati aja, karena bisa kita setting nanti kalau kita sudah berhasil membuat account di facebook. langsung aja klik "Lewati"
·         kemudian akan muncul gambar seperti ini:
lankjah3

Untuk proses Berikut ini kita lewati aja, karena bisa kita setting nanti kalau kita sudah berhasil membuat account di facebook. langsung aja klik "Lewati"








·         kemudian akan muncul gambar seperti ini:

fb 2

Bila sudah sampai pada tahap ini, Sekarang buka email Anda dengan cara mengeklik tombol " Buka email anda" seperti contoh yang saya lingkari. (bila anda menggunakan alamat email selain yahoo, isi pesan dari facebook juga sama) setelah anda membuka email anda, maka ada pesan baru dari facebook " Tinggal satu langkah lagi untuk mulai menggunakan facebook"
·         seperti contoh di bawah ini:
buka email
Lalu buka pesan " Tinggal satu langkah lagi untuk mulai menggunakan facebook" dengan cara diklik pesan tersebut, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:


email konfirmasi
Kemudian Anda "KLIK" tulisan Seperti yang saya lingkari, seperti contoh gambar diatas. setelah anda klik tulisan tersebut maka akan muncul jendela baru dari facebook seperti di bawah ini:

Profile
Bila muncul gambar seperti di samping, berarti anda sudah berhasil medaftar di facebook.
OK, Sekarang coba anda keluar dari facebook dengan cara klik Akun ==> Keluar, seperti contoh pada gambar di atas, Untuk test apakah anda masih ingat dengan passwor akun Facebook yang barusan anda buat.
ok kalau sudah berhasil keluar sekarang coba masuk lagi di www.facebook com

login
Masukkan Alamat Email yang anda daftarkan tadi di facebook, lalu masukkan sandi Anda, kemudian klik ”Masuk”
Jika anda memasukan alamat email dan kata sandi dengan benar maka akan muncul jendela baru seperti ini gambar di bawah ini:
fb sudah jadi
Dan bila muncul gambar seperti di atas berarti anda telah berhasil membuat akun di facebook. Ok. Selamat..!!! Sekarang Anda sudah punya akun di facebook, dan Harus anda ingat setelah selesai menggunakan akun facebook anda jangan lupa untuk Sign Out. Demikianlah panduan singkat Cara Membuat facebook atau Daftar facebook Fb Ter Baru Gratis. dan bila saat ini ingin Daftar Twitter atau sekedar pingin tahu bagaimana to Cara Buat Blog DiBlogger.com. Atau saat ini lagi GALAU, SEDIH dan BT, Mungkin dengan membaca Kata-kata Paling Gokil  Kata kata Lucu Pilihan dan melihat 10 Video Lucu Pilihan.
3.      Pengertian Blog seta fungsinya adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah website yang isinya dapat di update secara reguler. Selain itu, blog juga memungkinkan pengunjung untuk berkomentar. Blog juga dapat dipakai untuk banyak kegiatan, seperti untuk dijadikan buku atau catatan harian online, maupun untuk menulis artikel seperti halnya koran digital. Pada umumnya blog berbasis teks, walaupun ada juga blog yang berbasis foto, berbasis video, audio, dan sebagainya.
·         Pengertian Blog Serta Fungsinya secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu :
1.      Blog Pribadi
Blog pribadi merupakan jenis blog yang paling sering anda jumpai, yang berfungsi sebagai catatan atau buku harian online seseorang. Dan blog pribadi tersebut merupakan jenis blog yang pertama kali muncul.
2.      Blog Usaha
Blog usaha adalah blog yang berguna untuk melakukan komunikasi sebuah perusahaan dengan pelanggan atau konsumen, menawarkan jasa, atau informasi mengenai usaha yang sedang dijalankan. Blog usaha juga digunakan untuk keperluan penguatan merek, atau di fungsikan untuk layanan kepada masyarakat sebagai sarana promosi.
·         Cara Membuat Bloger adalah bagi kita yang ingin sekali membuat blog,
·         Pertama untuk memulai membuat blog silahkan untuk mengenjungi situs blogger.com. Setelah halamannya terbuka, silahkan anda cari tombol Sign Up di pojok kanan atas seperti contoh gambar dibawah ini
·          Kalau sudah di klik terus muncul form seperti gambar di bawah ini.


Name: Isi dengan nama anda.
Choose Your Username: Isikan username pilihan anda, ini nanti juga dibuat menjadi alamat email anda.
Birthday: Isi tanggal lahir, bulan dan tahun anda.
Gender: Kalau anda pria pilih yang male, kalau anda wanita pilih sebaliknya yakni yang female. Kalau anda masih belum yakin dengan gender anda, anda bisa memilih other.
Mobile Phone: Isikan no handphone anda, nanti untuk dibuat verifikasi akun anda.
Your Current Email Address: Di kosongi juga tidak apa-apa
Lalu isi kode verifikasi seperti gambar diatas, kemudian centang untuk menyutujui pembuatan akun tersebut.
Kemudian tekan tombol next step.
             
·         Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini, anda lewati saja dengan menekan tombol next step. Untuk mengunggah foto di akhir tahap juga bisa.

·         Kemudian muncul seperti gambar dibawah ini, langsung saja anda klik Back to Blogger
·         NB: akhirrudinblog@gmail.com itu untuk masuk kedalam akun kita, jadi jangan sampai lupa dengan alamat email anda sendiri.
Jika anda melihat gambar seperti dibawah ini abaikan saja, untuk mempercepat proses pembuatan blog tersebut. Langsung saja untuk klik tombol Lanjutkan ke blogger.
Jika sudah menekan tombol lanjutkan ke blogger, anda akan masuk kedalam tampilan utama pada blogger. Di situ anda bisa melakukan apa saja untuk blog anda. Langsung saja membuat blog klik new blog atau blog baru seperti gambar di bawah ini.
Setelah memilih tombol new blog atau blog baru tadi, akan dibawa menuju halaman blog.Kemudian isi title atau judul blog dengan keinginan anda. Pada bagian address atau alamat, anda bisa mengisi alamat tersebut dengan keinginan anda, kalau sudah pilih template atau tema kesukaan anda. Contoh seperti gambar dibawah ini, jika sudah klik tombol create blog atau buat blog.


Selamat blog anda sudah berhasil di buat. Untuk mengisi artikel di blog anda, anda bisa mengeklik tombol gambar pensil seperti gambar dibawah ini.

4.      Twitter adalah sebuah platform blogging mikro yang mengundang pengguna untuk menjawab pertanyaan, “Apa yang kamu lakukan?” dalam 140 karakter atau kurang. Twitter juga merupakan layanan pesan yang memungkinkan pengguna untuk menanggapi update status pengguna lain. Selain itu, Twitter juga memungkinkan pengguna untuk mengakses lokal, nasional dan dunia real-time kejadian di dunia berita serta update sederhana dari teman-teman. Twitter melakukan semua ini melalui antarmuka web sederhana di twitter.com.
·         Twitter berisi informasi yang akan Anda anggap berharga. Pesan dari pengguna yang Anda pilih untuk Anda ikuti akan muncul di beranda Anda untuk Anda baca. Rasanya seperti dikirimi sebuah koran yang berita utamanya selalu Anda rasa menarik – Anda dapat menemukan berita pada saat sedang terjadi, belajar lebih banyak tentang topik yang penting bagi Anda, dan mendapatkan informasi langsung dari narasumber secara aktual.
·         TEMUKAN SUMBER: temukan dan ikuti orang lain
Hal terbaik untuk memulai perjalanan Anda adalah dengan menemukan dan mengikuti akun Twitter yang menarik. Carilah bisnis yang Anda sukai, akun layanan publik, orang yang Anda kenal, selebriti, atau sumber berita yang Anda baca. ( Klik di sini untuk membantu menemukan akun yang menarik.) Kiat: Salah satu cara yang baik untuk menemukan lebih banyak akun yang menarik adalah melihat siapa yang diikuti oleh orang yang Anda kenal atau kagumi.
·         PERIKSALAH SERING-SERING: perhatikan apa yang terjadi
Pesan dari orang lain yang Anda ikuti akan muncul pada stream yang dapat dibaca di timeline beranda Anda. Setelah Anda telah mengikuti beberapa orang, Anda akan memiliki halaman informasi baru untuk dibaca setiap kali Anda masuk. Klik tautan di Tweet orang lain untuk melihat: gambar dan video yang mereka kirim, profil pengguna yang disebutkan di pesan mereka, atau Tweet yang terkait dengan kata kunci hashtag (#) yang mereka gunakan.


·         BAWALAH BERSAMA ANDA: hubungkan ponsel Anda
Salah satu hal terbaik tentang Twitter adalah bahwa Twitter bersifat portabel. Hubungkan akun Anda ke ponsel Anda (lihat di bawah untuk instruksi) atau unduh aplikasi Twitter untuk mulai membaca Tweet di jalanan. Sekarang Anda bisa mendapatkan pembaruan tentang masalah lalu lintas di tengah perjalanan Anda, cari tahu apa yang pemain katakan saat Anda berada di pertandingan, atau dengar kasak-kusuk tentang acara yang akan Anda hadiri. Kemungkinannya tak terbatas! Kiat: Menggunakan Twitter lewat SMS memungkinkan Anda untuk memilih pembaruan mana yang Anda inginkan dari mereka yang Anda ikuti, sehingga Anda bisa mendapatkan pembaruan ponsel dari akun yang paling penting bagi kehidupan di-jalanan Anda.

·         Berikut ini langkah-langkah membuat twitter:

1.       Saya anggap anda sudah mempunyai email tersebut, jika belum silahkan mendaftar dulu di gmail atau yahoo (gratis).
2.      Selanjutnya anda bisa langsung meluncur ke situs pendaftaran twitter di sini http://twitter.com kemudian klik tombol Sign Up For Twitter 

twitter sign up
Atau bisa juga langsung klik alamat ini https://twitter.com/signup.
3.       Setelah itu maka anda akan menjumpai halaman seperti gambar dibawah ini:
daftar twitter

Isilah form pendaftaran tersebut dengan legkap dan benar.

a. Isi kolom Full Name dengan nama lengkap anda
b. Isi kolom email dengan akun email yang sudah anda miliki
c. Isilah kolom password dengan kata rahasia anda yang nantinya akan digunakan sebagai sandi untuk masuk ke akun twitter. Usahakan yang mudah untuk di ingat, namun tidak disarankan menggunakan tanggal lahir dan tahun, karena akan mudah ditebak dan dibajak orang.
d. isi Username anda dengan nama unik yang nantinya sebagai ID anda untuk masuk.
4.       Selanjutnya adalah langkah untuk menyelesaikan pendaftaran di twitter yaitu klik tombol "Create My Account" dan isilah kode captcha seperti pada gambar dibawah:

Create Account Twitter
5.      Isilah kolom dengan huruf yang ada pada gambar, perhatikan huruf dengan seksama huruf kecil maupun kapitalnya.
6.       Langkah terakhir adalah melakukan konfirmasi pendaftaran. Bukalah email anda yang digunakan mendaftar tadi, karena twitter mengirimkan email anda untuk konfirmasi bahwa anda benar-benar pemilik email tersebut. Klikalamat konfirmasi yang akan mengarahkan anda ke twitter.

Akhirnya anda sudah memiliki akun twitter dan siap untuk mencari hal-hal menarik atau akun menarik yang ingin diikuti, baik itu artis, situs-situs berita dan sebagainya. Demkian panduan
cara membuat twitter dengan mudah, semoga bermanfaat.

5.      Friendster
ü  Pengertian Friendster
Friendster adalah  yang  ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog.
Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia.
ü  Fungsi Friendster
Friendster biasa digunakan untuk mencari teman dan mempublikasikan profil pribadi, serta melengkapinya dengan foto.Friendster tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi bahkan di seluruh dunia. Dengan menu Pencarian pengguna dapat mencari anggota Friendster lain, baik menurut nama, alamat, atau bahkan menurut hobinya.
Apabila telah melihat profil seorang anggota Friendster, pengguna dapat menambahkannya ke dalam daftar teman. Dengan mengklik Tambahkan sebagai Teman. Hanya saja untuk itu harus mengetahui alamat e-mail atau nama lengkapnya, setelah itu tinggal menunggu persetujuan darinya.
Pengguna juga bisa saling mengirimkan pesan kepada anggota anggota Friendster lain melalui fitur Kirim Pesan. Selain itu, juga dapat menambahkan testimoni kepada teman. Testimoni dapat berupa komentar, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan sebuah gambar. Testimoni yang telah diterima akan ditampilkan pada bagian bawah profil yang bersangkutan. Jika ingin menambahkan sebuah testimoni, anda cukup mengelik ikon Tambah Komentar pada profil.

ü  Cara pembutan Friendster
1.      Kunjungi www.friendster.com
2.      Jika anda tidak tau menggunakan bahasa inggris, pilih bahasa indonesia dengan mengklik “bahasa”.

3. Mula daftarkan diri anda dengan meng-klik "mendaftar" (sign up)


4. Mulai isi formulir pendaftaran,

a. Masukan alamat email anda beserta pasword/sandinya.





b. Masukan nama depan dan nama belakang anda.


c. Isikan jenis kelamin, tanggal lahir dan negara anda.


d. Tulis ulang rangkaian huruf dan angka yang anda lihat di kotak verifikasi registrasi. Isilah dengan tepat karena banyak orang melakukan kesalahan pada bagian ini!!

e. Jika karakter rangkaian huruf dan angka telah anda masukan maka kemudian kliklah untuk “mendaftarkan”

5. Jika anda berhasil, anda akan diberikan ucapan selamat oleh pihak regristrasi serta anda akan diminta melakukan verifikasi untuk mengaktivkan akun anda.

6. Kunjungi kotak masuk pada email anda yang anda daftarkan tadi -misalnya contoh gambar diatas (no.2) maka saya harus membuka kotak masuk di windie12@yahoo.co.id- dikotak masuk, anda akan menemukan surat dari freindster yang berisi verifikasi akun anda -biasanya berisi alamat/url, klik alamat tersebut dan friendster anda sudah resmi jadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar